Daftar Channel Frekuensi Sinyal WLAN (Wifi)

Kemarin saya menulis artikel Daftar Port Game Terbaru, sekarang tidak kalah pentingnya yaitu membahas daftar channel sinyal wifi. Memang penting mengatur channel wifi?. Bukanya dipengaturan sudah ada fitur Auto?. Ya memang penting, jika kalian mengatur ke Auto, memang secara fitur router akan memakai frekuensi yang sedang tidak sibuk. Tetapi pada kenyataanya tidak begitu, malah sering terjadi interferensi yaitu tabrakan frekuensi dengan sinyal wifi yang ada karena pemilihan channel yang sama.

Daftar Channel Frekuensi Sinyal WLAN

Akibat dari interferensi sinyal tersebut akan mengakibatkan ketidak opimalan bandwidh yang keluar dari router/access point (AP). Sebagai contohnya saya pas pertama main AP, saya set ke Auto. Setelah saya cek ternyata router memakai channel 1. Sedangkan banyak sekali wifi yang menggunakan channel 1 juga. Saya set pengaturan bandwidh ke 20Mbps (saya memakai Mikrotik, sebelumnya juga memakai openwrt) ternyata setelah saya cek melalui AP tersebut, hanya bisa keluar sekitar 10an Mbps. Saya berpikir, pasti ada yang salah dengan AP atau APnya yang sudah rusak.

Karena rusak tidak mungkin (soalnya baru), pasti ada yang salah dengan pengaturanya. Setelah saya browsing dan saya bertanya di group facebook, kata para ekspert katanya terjadi interferensi. Harus set secara manual ke frekuensi yang masih kosong atau tidak sibuk (lain kali saya akan membahas cara ini diartikel terpisah).

Untuk bisa set channel frekuensi bagaimana?. Kalau di beberapa AP hanya menyebutkan frekuensinya. Ada juga sih AP yang langsung nyebut channel 1 – 13. Ya memang sih kebanyakan AP hanya menyediakan channel sampai 11. Makanya kita harus tahu berapa frekuensi dari channel-channel tersebut.

Owh ya channel yang saya bahas diatas itu untuk frekuensi 2,4 GHz ya. Kalau frekuensi 5 GHz lain kali saja. Karena kebanyakan yang sering dipakai dilapangan yaitu frekuensi 2,4 GHz.

Also Read  Daftar Kumpulan Port Game Mikrotik Terbaru

Daftar frekuensi Sinyal WLAN Hotspot

CHANNEL FREKUENSI
Channel 1 2,412
Channel 2 2,417
Channel 3 2,422
Channel 4 2,427
Channel 5 2,432
Channel 6 2,437
Channel 7 2,442
Channel 8 2,447
Channel 9 2,452
Channel 10 2,457
Channel 11 2,462
Channel 12 2,467
Channel 13 2,472
Channel 14 2,484

Akhirnya saya set ke channel 9 karena memang didaerah saya masih jarang yang memakai channel 9 (tiap dareah beda ya, kalian harus tahu channel yang kosong didaerah kalian). Setelah saya cek jaringan wifi saya, ternyata bisa berjalan normal. Saya set 20 Mbps ya saya menerima juga 20 Mbps.

Tinggalkan Balasan