Solusi Windows Cannot Be Installed To This Disk Windows 10

Sigaptech.com – Ternyata untuk menginstal windows 10 tidaklah mudah seperti windows versi sebelumnya (windows xp, windows vista, windows 7 dan windows 8). Beberapa orang (termasuk saya) pernah mengalami tidak bisa instal windows 10 pada laptop, dan biasanya ada keterangan Windows cannot be installed to this disk. The selected disk has an MBR partition table. On EFI system Windows can only be installed to GPT disks.

Solusi Windows Cannot Be Installed To This Disk Windows 10

Kenapa hal ini bisa terjadi?. Karena semakin tingginya teknologi yang disematkan ke dalam laptop saat ini berbeda dengan laptop jaman jadul.

Sebelum melangkah lebih lanjut kenapa kita tidak bisa instal windows, pasti kalian pernah mendengar istilah UEFI atau biasa disebut boot mode UEFI kan?. Selain UEFI ada juga mode Legacy. Ya kedua istilah tersebut biasa dipakai didalam BIOS. Intinya teknologi legacy itu teknology jadul dan akan digantian dengan UEFI (demi keamanan hardware).

Solusi Windows Cannot Be Installed To This Disk Windows 10 2

Untuk saat ini microsoft lebih menyarankan untuk menggunakan boot mode UEFI untuk menginstal windows 10.

Selain kedua istilah boot mode tersebut, anda juga wajib mengetahui istilah partisi hardisk. Ya untuk bisa menginstal windows 10 kalian harus memperhatikan tipe partisi hardisk yang akan di instal windows. Ada dua tipe partisi hardisk yaitu MBR dan GPT. Intinya MBR itu partisi tipe lama, sedangkan GPT itu tipe terbaru.

Nah disini permasalahanya, ternyata antara boot mode dengan tipe partisi saling berkaitan dan akan mempengaruhi ketika instal windows. Saya waktu itu gagal instal windows 10 dengan keterangan “Windows cannot be installed to this disk. The selected disk has an MBR partition table. On EFI system Windows can only be installed to GPT disks“.

Solusi Windows Cannot Be Installed To This Disk Windows 10 3

Singkatnya kenapa terjadi error tersebut karena saya memakai UEFI boot sedangkan partisi hardisk saya masih MBR.

Also Read  Download Driver Acer Swift 3 Day Edition SF314-54G Lengkap

Mengatasi Windows Cannot Be Installed To This Disk Windows 10

  1. Ubah boot mode menjadi Legacy dengan cara masuk BIOS dan pilih Legacy. Kemudian save setting and exit. Silakan instal windows 10 lagi.
  2. Convert partisi dari MBR ke GPT. Kalian bisa mengubahnya melalui commad prompt. Tapi cara ini tidak saya sarankan karena akan memformat hardisk kalian. Mending pakai cara pertama.

Kadang juga terjadi error “Windows cannot be installed to this disk. The selected disk has an GPT partition table. On BIOS system Windows can only be installed to MBR disks“. Kalau dapat keterangan seperti itu tinggal ubah bios ke mode UEFI saja.

Intinya begini

Jika partisi MBR pakailah boot Legacy
Jika partisi GPT pakailah boot UEFI.

Semoga membantu 🙂

Tinggalkan Balasan