Amankah Charging Smartphone Sambil Tidur?

Sigaptech.com – Di group banyak sekali yang bertanya “Smartphone saya sering sekali saya charger sambil tidur, apakah aman bagi smartphone saya?”. Ya saya akan menjelaskan aman tidaknya jika charger smartphone sambil tidur.

Amankah Charging Smartphone Sambil Tidur?

Memang banyak kontroversi seputar charging smartphone sambil tidur, banyak yang takut batrenya ngedrop, hp nya rusak lah. Tapi tenang dahulu, diteknologi yang serba canggih seperti sekarang ini maka hal tersebut tidak masalah.

Maksudnya?. Ya smartphone sekarang jika charging sambil tidur tidak akan merusak hp. Dengan catatan memakai charger original atau charger yang rekomended (jangan tergiur murahnya charger abal-abal). Terus mengapa banyak sekali baterai menggelembung?. Itu bukan karena proses charging ditinggal semalaman ya, itu karena hp kepanasan. Lah?. Iya biasanya karena nge game sambil dicharging. Itulah yang berbahaya, karena akan terjadi panas yang berlebih.

Saya akan menjelaskan mengapa charging smartphone sambil tidur itu aman.

1. Dari Smartphone

Ya smartphone sekarang itu rata-rata sudah menyiapkank fitur auto cut, artinya jika baterai sudah full maka akan off secara otomatis.

2. Dari Baterai

Tidak seperti baterai hp dahulu yang memakai Li-Ion, hp sekarang kebanyakan memakai Li-Polimer yang lebih awet. Li-ion umur baterai lebih pendek. Dari fitur batrenya pun sekarang sudah ada teknologi auto cut juga.

3. Dari Charger

Ini lah yang saya katakan kita harus memilih charger ori atau yang rekomended, intinya jangan murahan. Karena charger jaman sekarang ini pun banyak terdapat AI, misalnya auto cut. atau jika mau full maka dayanya akan diturunkan. Selain itu menjaga panas berlebih.

Gimana?. Jadi antara smartphone, baterai, charger sekarang ini sudah ada fitur yang akan memutus arus secara otomatis dan juga menjaga agar tidak terjadi panas yang berlebih.

Also Read  Cara Terbaru Unlock Bootloader / UBL Xiaomi [Tested]

Kesimpulan

Jadi kesimpulanya charging hp sambil ditinggal tidur itu AMAN. Yang tidak aman itu charging sambil main game.

Tinggalkan Balasan